Halaman

Wednesday 10 January 2018

Apa itu Website dan Manfaatnya


APA ITU WEBSITE!!!!
Website adalah kumpulan halaman yang berisi konten informasi seperti text, gambar, audio, video, dll yang dapat diakses secara online melalui internet.
Website boleh juga dikatakan sebagai kantor bagi perusahaan, dan sebagai toko bagi pedagang. Ada beberapa jenis website berdasarkan peruntukannya, yaitu :


• Company Profile
Menampilkan informasi profil, produk/jasa, dan kontak perusahaan/UKM/UMKM maupun pribadi. Biasanya masih diharuskan melalui proses interaksi langsung antara customer dengan pengusaha/pemilik website tersebut.

• E-commerce
Secara umum, banyak orang yang mengganggap e-commerce hanya sama dengan toko online, tapi ternyata website Travel, Ticketing, Listing Property juga masuk dalam website E-commerce. Website toko online biasanya meminimalisir interaksi langsung antara customer dengan pengusaha/pemilik website atau dalam artian dapat melakukan pembelian otomatis via website.

• News Portal/Magazine
Anda pernah mengunjungi Detik.com? ya, website tersebut adalah website portal berita online.

• Goverment/Pemerintahan
Isinya biasanya sama dengan website portal berita, hanya biasanya lebih kompleks dan ada aplikasi interaktif mengenai suatu informasi pemerintah tsb. Pemerintah Indonesia sendiri pun sudah mengeluarkan instruksi maupun undang-undang agar setiap unsur pemerintahan menggunakan teknologi informasi untuk pelayanan publik.
Masih banyak jenis website yang lain seperti website Sekolah/Akademis, dll. mungkin akan kami bahas di artikel selanjutnya.

APA SAJA YANG DI PERLUKAN UNTUK MEMBUAT WEBSITE!!!
Kami tidak akan membahas bagian2 website melalui bahasa yang sulit tapi kami juga akan menganalogikannya sehingga mudah dicerna bagi yang awam.

1. Domain
Alamat suatu website contoh: www.google.com. Dapat dianalogikan sebagai alamat nomor rumah/kantor. Sama seperti alamat, nama domain tidak bisa sama satu dengan yang lainnya.

2. Hosting
Tempat penyimpanan file2 website agar bisa dibuka via online. Analoginya seperti kantor/toko/ruko tempat anda memajang/menaruh produk.

3. Desain Website
Tampilan sebuah website. Analoginya adalah bagaimana anda menyusun tata letak display produk anda agar diminati oleh calon customer.

MANFAAT WEBSITE!!!!
Indonesia memiliki 88,1 juta pengguna internet dari total populasi 259,1 juta jiwa dan merupakan pengguna internet terbanyak ke 6 di dunia. 27% pengguna internet di indonesia membeli produk dan jasa via online/internet dan 31% diantaranya mencari informasi tentang suatu produk dan jasa melalui internet.

No comments:

Post a Comment